Konsep Wawasan Nusantara



1. Pengertian Wawasan Nusantara
            Istilah Wawasan berasal dari kata ‘wawas’ yang berarti pandangan, tinjauan, atau pengelihatan inderawi. Akar kata tersebut membentuk kata ‘mawas’ yang berarti memandang, meninjau, atau melihat. Sedangkan ‘wawasan’ berarti cara pandang, cara tinjau atau cara melihat.
            Sedangkan istilah Nusantara berasal dari kata ‘nusa’ yang berarti pulau-pulau, dan ‘antara’ yang berartin diapit di antara dua hal.
            Secara umum Wawasan Nusantara berarti cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungannya yang di jabarkan dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itu sesuai dengan posisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya.
2. Unsur-unsur Dasar Wawasan Nusantara
            1) Wadah
a.       Wujud wilayah
b.      Tata Inti Organisasi
c.       Tata Kelengkapan Organisasi
2) Isi Wawasan Nusantara
3) Tata Laku Wawasan Nusantara Mencakup Dua Segi, Batiniah dan Lahiriah

3. Pengertian Ketahanan Nasional

            Pengertian Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa, yang berisi keuletan  dan ketangguhan, yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri, yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mengejar tujuan nasional indonesia (Suradinata, 2005: 47)

4. Aspek-Aspek Ketahanan Nasional
a.       Aspek alamiah, yang meliputi:
1)      Letak geografis negara
2)      Keadaan dan kekayaan alam
3)      Keadaan dan kemampuan penduduk
b.      Aspek kemasyarakatan, yang meliputi
1)      Ideologi
2)      Politik
3)      Ekonomi
4)      Sosial budaya dan hankam
5)      Pertahanan dan keamanan

Unsur-unsur tersebut yang meliputi alamiah karena jumlahnya tiga. Maka di sebut sebagai Tri Gatra, Sedangkan aspek kemasyarakatan dinamakan Panca Gatra, karena jumlahnya lima. Keseluruhan unsur secara sistematik yang membagi kehidupan nasionak dalam delapan aspek tersebut disebut Astra Gatra.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SURAT PERNYATAAN AKTA TERAKHIR

PENGERTIAN PERENCANAAN DAN ALASAN-ALASAN PERLUNYA PERENCANAAN MANAJEMEN

Makalah Atmosfer dan Hubungannya Dengan Kesehatan Lingkungan