MANAJEMEN DAN LINGKUNGAAN EKSTERNAL ORGANISASI


Dirangkum dari buku “MANAJEMEN”
Edisi 2 cetakan ke duapuluh lima, september 2013
Karya: Dr. T. Hani Handoko, M.B.A.

RANGKUMAN BAB 4
MANAJEMEN DAN LINGKUNGAAN EKSTERNAL ORGANISASI
           
            Seluruh manajer sudah seharusnya menyadari pengaruh lingkungan eksternal organisasi bukan hanya memusatkan perhatiannya pada lingkungan internal saja. Seorang manajer harus mempertimbangkan unsur-unsur dan kekuatan di lingkungan eksternal agar dapat bersikap tanggap dan adaptif elalu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap keadaan lingkungan.

A.  Faktor-faktor Lingkungan Eksternal
A.  Faktor eksternal mikro
·         Para pesaing (competitors) : Lingkungan persaingan perusahaan tercermin dari tipe, jumlah dan nirma-norma perilaku organisasi pesaing, dengan pemahaman akan lingkungan persaingan yang dihadapinya, organisasi dapat mengetahui posisi persaingannya, sehingga lebih mampu mengoptimalkan operasi-operasinya.
·         Langganan (customer) : Seorang manajer harus dapat menganalisis langganan, karena berguna untuk mengantisipasi perubahan perilaku pasar, seorang manajer harus dapat menentukan strategi, taktik pemasaran karena perusahaan sangan bergantung pada situasi pasar dan langganan.
·         Pasar tenaga kerja (labor supply) : Suatu organisasi memerlukan karyawan yang memenuhi beberapa keriteria, sehingga suatu organisasi harus dapat menarik dan mempertahankan karyawannya dan itu merupakan suatu syarat bagi perusahaan sukses. Faktor yang berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan karyawan perusahaan (1) reputasi perusahaan, (2) tingkat pertumbuhan angkatan kerja, (3) tersedianya tenaga kerja.
·         Lembaga-lembaga keuangan : Organisasi-organisasi tergatung pada bermacam-macam lembaga keuangannya, untuk menjaga dan memperluas kegiatan kegiatannya.
·         Para penyedia (suppliers) : Suatu orrganisasi sangat tergantung pada sumber-sumber dari sumberdayanya untuk memenuhi segala kebutuhan produktifitasnya.
·         Perwakilan-perwakilan pemerintah : perwakilan pemerintah menetapkan peraturan yang harus di penuhi dalam operasinya, perwakilan pemerintah juga menjadi para penyedia dan kreditur “besar” bagi perusahaan.

B.  Faktor eksternal makro
·      Perkembangan teknoligi: kemajuan teknologi memainkan peranan penting pada penentuan produk dan jasa yang akan di produksi, peralatan yang di gunakan, dan bagaimana bermacam-macam operasi yang akan dikelola.
·      Variabel-variabel ekonomi: biaya yang di butuhkan untuk masalah sumber daya-sumber daya selalu berubah-ubah setiap waktu karena pengaruh faktor-faktor ekonomi, jadi seorang manajer harus menganalisis dan mendiagnosa faktor-faktor ekonomi.
·      Lingkungan sosial-kebudayaan: Lingkungan sosial-kebudayaan suatu masya-rakat merupakan pedoman yang menentukanbagaimana organisasi dan manajer beroperasi.
·      Variabel-variabel politik-hukum : politik dan hukum dalam suatu periode tertentu akan menentukan operasi perusahaan. Pemerintah memainkan peranan sekaligus sebagai pencipta kesempatan, pemberi perlindungan, dan penetapan batasan-batasan.
·      Dimensi internasional: dimensi perusahaan menjadi faktor yang berpengaruh langsung pada perusahaan, seorang manajer harus dapat menganalisis agar dapat kuat dalam menghadapi perkembangan dunia internasional.

B.  Organisasi dan Lingkungan
·         Usaha mempengaruhi lingkungan ekstern mikro : Manajer harus memusatkan usaha-usahanya pada aspek-aspek  kunci lingkungan yang kritik agi tujuan tertentu organisasi.
·         Peramalan (forecasting) dan lingkungan ekstern makro : Kelangsungan operasi perusahaan sering sangat tergantung pada antisipasi dan adaptasinya terhadap perkembangan lingkungan ekstern makro.
·         Perencanaan,perancangan organisasi dan lingkungan : Rencana-rencana mewujudkan konsep dasar organisasi dan straterik ini akan mengikutinya untuk mencapai tujuan.

C.  Tanggung Jawab Sosial Manajer
Tanggung jawab sosial berarti manajemen mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi di dalam pembuatan keputusannya, ini merupakan aspek utama bagi berhasilnya suatu perusahaan. Seorang manajer dituntut untuk mengimplementasikan etika berusaha, etika ini adalah sistem ungkapan-ungkapan yang menyangkut perilaku, perbuatan dan sikap manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang di anggap penting bagi hidupnya.
Ada 5 faktor yang mempengaruhi keputusan-keputusan  masalah etika:
1)      Hukum
2)      Kode etik industri perusahaan
3)      Tekanan-tekanan sosial
4)      Tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan organisasi.














Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SURAT PERNYATAAN AKTA TERAKHIR

PENGERTIAN PERENCANAAN DAN ALASAN-ALASAN PERLUNYA PERENCANAAN MANAJEMEN

Makalah Atmosfer dan Hubungannya Dengan Kesehatan Lingkungan